Mitos dan Fakta: Jamu Untuk Jaga Kesehatan dan Cegah Panas Dalam
Logo

Mitos dan Fakta: Jamu Untuk Jaga Kesehatan dan Cegah Panas Dalam

Blog Single

Mengenal mitos dan fakta dari jamu, sebagai minuman herbal tradisional asli Indonesia yang kaya khasiat.

 

Jamu telah lama dikenal sebagai minuman herbal tradisional khas Indonesia yang memiliki khasiat untuk membantu pengobatan dan pencegahan penyakit, serta menjaga kesehatanmu. Dibuat dari ragam jenis rempah dan tanaman herbal, membuat jamu turut hadir dalam berbagai jenis.

 

Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu kawasan penghasil rempah terbesar di dunia, yang juga jadi bahan dasar dari ragam varian jamu. Di masa pandemi Covid-19 masyarakat membutuhkan perlindungan ekstra untuk jaga kesehatan tubuh ,tidak heran jika kini jamu semakin digemari dan diminati oleh masyarakat Indonesia.

 

Banyak pertimbangan dan perbincangan mengenai khasiat jamu yang menghadirkan banyak pro dan kontra. Baik dari para penikmat jamu atau dari orang-orang yang belum mengenal khasiat hingga bahan-bahan yang biasa digunakan untuk menghasilkan minuman yang sudah ada sejak masa lampau ini. Lalu apa sajakah hal yang dianggap sebagai mitos hingga fakta mengenai jamu untuk jaga kesehatan? Temukan jawabannya di bawah ini:

 

Minuman berkhasiat asli Indonesia

Hadir sebagai minuman penyembuh sejak ribuan tahun, pengetahuan mengenai jamu diwariskan dari generasi ke generasi dan dikaji dari berbagai pengalaman dan manfaatnya. Beberapa bukti ditemukan pada gambar di relief Candi Borobudur, buku Serat Centhini, primbon Beraljemur Adamakna, hingga dokumentasi para bangsawan Indonesia, serta pendatang dari Cina dan Belanda. Catatan tersebut memuat ragam keluhan kesehatan, resep obat alami untuk mengatasinya, hingga jenis-jenis tanaman berkhasiat.

 

Pengobatan instan untuk penyakit 

Meski dipercaya berkhasiat efektif sebagai minuman penyembuh, jamu belum bisa disamakan dengan obat yang sudah melalui uji klinis/obat berbahan kimia yang digunakan untuk menyembuhkan keluhan penyakit pada umumnya. Dibanding pengobatan instan/secara langsung, jamu lebih tepat diunggulkan karena fungsi mencegah datangnya penyakit serta pengobatan alami yang tidak khasiat secara langsung. 

 

Jadi minuman jaga kesehatan

Ragam jenis jamu beserta fungsinya masing-masing mampu dijadikan sebagai pencegah penyakit dan penyembuh alami, karena berbagai perpaduan bahan baku rempah dibalik setiap jenisnya. Beberapa contoh diantaranya, jamu beras kencur untuk menghangatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah, jamu kunyit asam untuk meredakan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh, hingga jamu pahitan berbahan daun-daunan pahit seperti brotowali untuk antioksidan yang jaga kekebalan tubuh.

 

Mitos ataupun fakta, kita patut berbangga dengan minuman tradisional khas Indonesia yang terus dipercaya dari masa ke masa. Terutama karena khasiat dan ragam bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Untuk memastikan keamanannya, pastikan kamu juga berkonsultasi dengan pakar kesehatan untuk memastikan ketepatan jumlah konsumsi sesuai kondisi tubuhmu.

Leave a Comment