Logo

Lembur Terus-Terusan, Gimana Cara Jitu Jaga Kesehatan

Blog Single

Memiliki proyek penting yang harus selesai dalam waktu singkat membuatmu terpaksa sering bekerja lembur. Jam kerja yang lebih panjang yang melelahkan tentunya bisa membawa dampak buruk buat kesehatan. Jangan sampai membiarkan diri ambruk gara-gara lembur terus-terusan, gunakan beberapa cara jitu berikut ini untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Perhatikan Pola Makan

Banyak orang yang sering melupakan jam makan, ketika mereka sibuk bekerja lembur. Faktanya, asupan makanan yang sehat dan seimbang dapat menghasilkan energi yang diperlukan saat lembur. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak menunda jam makan, baik itu makan siang atau pun makan malam.

Hindari makan dalam porsi yang terlalu besar karena justru membuat badan lemas dan memicu kenaikan berat badan. Selain itu, pastikan untuk menikmati makanan sehat yang rendah gula, lemak, garam, atau pedas. Untuk menjaga energi dan staminamu tetap penuh dan fit hingga jam kerjamu berakhir, tidak ada salahnya mempersiapkan kudapan sehat seperti buah, granola, atau biskuit gandum.

Batasi Konsumsi Kopi

Bagi kamu pecinta kopi, pastinya sering menjadi kopi pilihan untuk menjadi teman lembur, karena kandungan kafeinnya bisa bikin semangat dan fokus mengerjakan task yang ada. Walau tampak sangat membantu, konsumsi kopi yang berlebihan justru memicu gangguan kesehatan seperti dehidrasi dan sulit untuk tidur. Ganti kopi dengan banyak minum air putih yang dapat menjagamu tetap fokus dan tidak mudah lelah. Siapkan botol minum di meja kerja untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh.

Sisipkan Olahraga

Bekerja di belakang meja selama berjam-jam bisa menimbulkan nyeri di bagian punggung dan leher, akibat posisi duduk saat mengetik atau kursi kantor yang kurang mendukung postur tubuh. Tidak ada salahnya menyisipkan olahraga ringan di tengah bekerja lembur, seperti peregangan. Gunakan gerakan sederhana yang bahkan tidak harus membuatmu beranjak dari kursi untuk membantu menjaga peredaran darah dan mengurangi rasa lelah.

Kejar Kebutuhan Jam Tidur

Lembur membuatmu terpaksa merelakan jam tidur yang terpotong karena harus menyelesaikan pekerjaan. Perubahan pola tidur yang mendadak ini bisa membuat tubuh merasa lemas dan ngantuk seharian. Sebaiknya, sempatkan atur waktu tidur siang selama kurang lebih 20 menit sehari sebelum lembur atau keesokan harinya.

Atasi Stres

Tekanan pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu singkat memicu stres yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Bukan hanya itu saja, stres juga dapat menghilangkan kreativitas dan konsentrasi yang bikin pekerjaan jadi butuh waktu lebih lama untuk diselesaikan. Sempatkan diri untuk melakukan berbagai hal yang kamu sukai seperti menelepon anggota keluarga terdekat, dengarkan musik favorit, atau ambil jeda untuk beristirahat sebelum kembali bekerja.

Tubuh yang lelah dan stres saat bekerja lembur rentan membuat sistem imun menurun. Inilah masa-masa di mana badan jadi mudah mengalami gangguan kesehatan, seperti tenggorokan kering, sariawan, meriang, atau sembelit yang merupakan gejala panas dalam.

Bantu ringankan gejalanya dengan ramuan tradisional yang sudah dipercaya secara turun-temurun untuk mengatasi panas dalam, yaitu Larutan Penyegar Cap Badak dari Sinde.

 

Sebagai obat tradisional (jamu) yang mengandung bahan-bahan alami seperti Gypsum Fibrosum dan Galcareus Spar, efektif meredakan gejala panas dalam yang mengganggu kesehatan. Ramuan tradisional ini diproses menggunakan teknologi Jerman yang modern untuk menjaga kualitasnya. Dengan kemasan praktis yaitu botol, kaleng, dan sachet, sehingga lebih mudah dibawa ke mana saja untuk menjaga tubuh agar tetap prima. Kamu juga bisa membelinya dengan mudah loh, mulai dari apotek atau mini market terdekat.

Lembur boleh, tapi ingat selalu bahwa jaga kesehatan harus jadi prioritas utamamu!

Leave a Comment