Di Rumah Malah Sering Nyemil Waspada Panas Dalam & Dampak Lainnya
Logo

Di Rumah Malah Sering Nyemil Waspada Panas Dalam & Dampak Lainnya

Blog Single

Hobi menikmati camilan kadang tidak berbanding dengan unsur kesehatannya. Cari tahu jenis camilan dan dampaknya untuk menghindarkanmu dari panas dalam.

Mengkonsumsi camilan mungkin jadi salah satu kenikmatan tersendiri atau sekadar pelarian saat bosan selama di rumah. Sayangnya tidak semua makanan memberi dampak positif pada kesehatanmu. Padahal di era new normal seperti sekarang ini, sebaiknya kamu memberikan perhatian lebih akan kesehatanmu, baik soal kebiasaan sehari-hari, kebersihan diri, hingga makanan dan minuman yang butuh dikonsumsi atau lebih baik dihindari. 

Berbicara soal makanan/minuman dengan hubungannya dengan kesehatan, seringkali dihubungkan dengan kesehatan tenggorokan yang paling mudah terkena dampaknya, seperti radang tenggorokan atau panas dalam. Memang keduanya sebagian besar disebabkan oleh bakteri atau virus, namun tidak jarang makanan dan minuman yang bisa memperburuk gejalanya dan memberikan rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Seperti beberapa makanan/minuman berikut ini:

  1. Gorengan

Makanan yang diproses dengan cara digoreng memang menggugah selera khususnya karena tekstur yang lebih renyah. Namun proses penggorengan dengan minyak dan tekstur yang kering dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan yang dapat memperburuk gejala panas dalam. 

  1. Makanan pedas

Sensasi panas dari makanan pedas yang kamu konsumsi juga memberikan dampak buruk pada tenggorokan. Selain cabai, masih ada rempah dengan rasa pedas seperti lada, pala, cengkeh yang mungkin baiknya tidak dikonsumsi saat mengalami gejala panas dalam.

  1. Buah-buahan asam

Rasa asam pada sejumlah buah-buahan seperti jeruk, lemon dan jeruk nipis sebaiknya juga dihindari saat kamu mengalami gejala panas dalam, karena sifat asam pada buah tersebut dapat memberi efek iritasi pada permukaan tenggorokanmu.

  1. Susu

Meski terasa aman untuk diminum, untuk beberapa orang, susu dapat meningkatkan produksi lendir dan terasa lebih tebal pada tenggorokan, sehingga tidak memberikan efek nyaman saat menderita gejala panas dalam. 

  1. Makanan kering

Camilan seperti kerupuk, popcorn, biskuit atau camilan kering lainnya, akan terasa serat dalam tenggorokan dan memungkin terjadinya iritasi pada area tenggorokan. 

Menghindari beberapa makanan dan minuman di atas niscaya dapat meringankan gejala sakit tenggorokan yang kamu alami, tetapi masih ada cara yang lebih baik untuk menghindarkan kamu dari rasa tidak nyaman. Seperti dengan meminum banyak air putih secara berkala, teh hangat, istirahat cukup, hingga melengkapinya dengan minum Larutan Penyegar Cap Badak kemasan botol dari Sinde yang efektif membantu meredakan panas dalam, kapan saja dan dimana saja untuk jaga kesehatanmu sepanjang hari, khususnya saat menghadapi era new normal ini. 

Leave a Comment