Logo

Breaks at Work, Metode Sederhana Usir Stres Saat Seharian di Kantor

Blog Single

Pernah nggak sih mengalami gagal fokus di tengah menyelesaikan pekerjaan di kantor? Padahal ada setumpuk deadline yang harus segera diselesaikan hari itu juga. Kalau ini yang sedang kamu alami, tandanya kamu butuh breaks at work. Istirahat sejenak di kantor ternyata bisa menjadi cara ampuh untuk mengusir stres sekaligus kembali mendongkrak produktivitas. Apa saja nih rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan?

Jalan-Jalan di Sekitar Kantor

Duduk seharian di kantor bisa membuat aliran darah menuju otak jadi berkurang. Inilah yang kemudian bikin kamu ngantuk dan nggak fokus saat hari menjelang siang. Ambil jeda 20 menit dan tinggalkan mejamu, saatnya jalan-jalan sejenak. Nggak perlu jauh, cukup berkeliling di sekitar kantor sudah cukup kok.

Akan lebih baik lagi hasilnya kalau ada open space yang bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan mata setelah menatap monitor seharian. Jalan-jalan selama 20 menit dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga kinerjanya lebih produktif, memperkuat daya ingat, hingga memaksimalkan kemampuan kognisi otak.

Menikmati Kopi Favorit

Nggak ada yang bisa menandingi nikmatnya take a break sambil menyeruput kopi favorit. Kandungan kafein di dalamnya memang bisa memacu otak agar lebih produktif dan fokus. Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata ada waktu terbaik mengonsumsi kopi agar kandungan kafeinnya bisa bekerja lebih optimal? Cobalah untuk minum kopi sekitar pukul 9.30 sampai 11.30 pagi dan antara pukul 1.30 siang sampai 5.30 sore.

Creative Play

Kegiatan lain yang bisa dilakukan saat istirahat yang bisa memaksimalkan fungsi otak adalah creative play alias melakukan permainan kreatif. Membuat doodle misalnya dapat menjadi creative free time yang dibutuhkan otak agar bisa berfungsi lebih optimal. Doodling dapat membantu membuat kamu lebih kreatif sehingga bisa memunculkan ide baru. Selain itu, kegiatan ini juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi yang pastinya dibutuhkan saat bekerja.

Desk Exercise

Seharian di kantor dari Senin sampai Jumat bikin banyak orang nggak sempat melakukan olahraga. Nah, sekarang waktunya memanfaatkan 10 menit take a break dengan melakukan desk exercise aja, yuk! Ada banyak gerakan sederhana yang bisa dilakukan di balik meja kerja untuk melenturkan otot yang kaku dan meminimalisir masalah kesehatan seperti sakit leher dan punggung yang sering dialami pekerja kantoran. Cari gerakan yang paling tepat di internet lalu praktikkan saat break sejenak. Olahraga ringan bisa membantu melancarkan peredaran darah menuju otak, bikin kamu lebih happy dan semangat saat bekerja kembali.

Ngobrol dengan Teman Sekantor

Menyisihkan 10 menit waktu buat ngobrol dengan teman sekantor sambil istirahat sejenak ternyata dapat menurunkan tingkat stres dan bikin kamu bisa fokus bekerja kembali. Membicarakan hobi atau hal favorit lainnya bersama teman kantor ternyata bisa membuat individu lebih bahagia. Hal ini mempengaruhi performa di kantor sehingga jadi lebih produktif dan semangat dalam menyelesaikan task.

Breaks at work dapat menjadi langkah sederhana untuk menyeimbangkan pikiran agar lebih fresh dalam menghadapi berbagai kerjaan di kantor. Stres di tempat kerja nggak hanya dapat membuat performa kurang maksimal, tapi juga membuat daya tahan tubuh menurun. Berbagai penyakit rentan menyerang dalam kondisi ini, misalnya saja gejala panas dalam seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan.

Jika mulai merasakan gejala panas dalam, saatnya konsumsi ramuan tradisional yang sudah menjadi warisan generasi ke generasi, yaitu Larutan Penyegar Cap Badak dari Sinde. Dengan berbagai kandungan bahan larutan penyegar ini aman dikonsumsi berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Kamu juga bisa menemukannya dengan mudah di apotek atau mini market terdekat.

Sibuk bukan alasan untuk tidak menjaga tubuh tetap optimal. Terapkan beberapa tips di atas dan raih keseimbangan dalam hidup, yuk!

Leave a Comment