Logo

3 Cara Ampuh Usir Stres Agar Hidup Lebih Bahagia

Blog Single

Tak banyak orang menyadari, bahwa saat mengalami stres, maka hormon kortisol dan adrenalin dalam tubuh akan meningkat dan membuat daya tahan tubuh menurun. Tak heran, jika akhirnya tubuh akan lebih mudah terserang berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, gangguan pencernaan, depresi dan bahkan meningkatkan risiko terjadinya kanker pada kasus-kasus tertentu.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat membuat seseorang menjadi stres, seperti himpitan masalah ekonomi, beban pekerjaan yang semakin berat, problematika rumah tangga, dan banyak hal lainnya yang terjadi dan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia manusia. Meski setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengatasi stres , tetapi 3 cara ampuh berikut bisa kamu coba lakukan untuk membuat hidupmu lebih bahagia dan terhindar dari stres.

Lakukan kegiatan yang kamu sukai
Saat stres sedang melanda ada baiknya kamu melakukan berbagai aktivitas kegemaran atau hobi seperti memancing, membaca buku, mendengarkan musik, atau kegiatan lain yang dapat melepaskan hormon endorfin sehingga dapat meningkatkan suasana hati dan membuat hormon kortisol serta tekanan darah menurun.

Lakukan olahraga secara rutin
Jangan membiasakan untuk mengurung diri di tempat yang sepi seperti di dalam kamar saat sedang mengalami stres. Tetaplah mencoba untuk membuat badan tetap bergerak agar tubuh mengeluarkan zat kimia yang akan membuat perasaan menjadi lebih baik, misalnya dengan cara melakukan olahraga ringan secara rutin, seperti berjalan kaki, berenang, ataupun yoga yang sekaligus juga dapat mengurangi ketegangan pada otot.

Meditasi
Banyaknya masalah yang ada dalam pikiran bisa saja menyebabkan terjadinya stres berkepanjangan dalam dirimu. Karena itu, cobalah untuk lebih fokus pada hal yang sedang terjadi dan lakukan meditasi untuk memfokuskan diri pada hal yang terjadi saat itu juga termasuk gerakan pernapasan yang sedang berlangsung. Meditasi jenis ini dikenal dengan meditasi mindful, yang juga dipercaya dapat meredakan stres yang sedang melanda.

Ketiga cara di atas dapat kamu praktekkan saat kamu sedang berada dalam himpitan masalah yang dapat menyebabkan terjadinya stres. Yang terpenting harus diingat, hadapilah masalahmu dengan senyuman dan jangan terus-menerus melihat ke masa lalu yang akan menambah beban dalam hidupmu. Selain itu, cobalah berkonsultasi dengan psikolog, jika stres terjadi secara berlarut-larut sehingga berisiko menggerogoti kesehatan tubuhmu.

Leave a Comment