Logo

Ubah Mindsetmu, Jadilah Lebih Optimis Dengan 5 Cara Ini

Blog Single

Ada banyak cara yang dilakukan orang dalam menghadapi masa-masa sulit dalam hidupnya. Sebagian menghadapinya dengan sikap pesimis, sebagian lagi memilih untuk bersikap optimis. Mereka yang memiliki sifat pesimis biasanya cenderung menyalahkan diri sendiri atas masalah atau kegagalan yang terjadi dalam hidupnya. Namun, bagi orang yang optimis, akan menganggap bahwa setiap masalah memiliki hal positif di baliknya.

Tak hanya itu saja, orang yang optimis dan selalu berpikiran positif akan cenderung memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih baik daripada orang yang pesimis. Bahkan, ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa mereka yang selalu optimis dalam hidupnya memiliki kesehatan kardiovaskular dan sistem imunitas atau daya tubuh yang cenderung lebih kuat serta risiko penyakit kanker yang lebih rendah.

Ingin selalu menjadi orang yang optimis? Yuk, mulai ubah mindsetmu dalam menghadapi berbagai masalah, dengan 5 cara berikut ini.

Selalu berpikir positif
Meski tidak mudah, tapi cobalah untuk melatih keyakinan dalam pikiran untuk selalu berpikir positif. Yakinlah bahwa kamu dapat melakukan berbagai macam hal baik dalam hidup yang akan dapat membawamu menuju gerbang kesuksesan.

Jangan cepat putus asa
Yang namanya kegagalan bisa saja terjadi pada siapapun. Jadi saat ada yang gagal dalam hidupmu, cobalah untuk tidak cepat putus asa dan menyalahkan diri sendiri. Anggaplah kegagalan saat ini hanyalah bersifat sementara untuk mengantarkanmu pada kesuksesan di masa mendatang. Berusahalah belajar dari pengalaman dan upayakan untuk melakukan penyegaran pikiran dengan berusaha lebih giat di kemudian hari agar mencapai hasil yang lebih baik.

Pupuk rasa percaya diri
Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memupuk rasa percaya dirimu adalah dengan menghindari penggunaan kosakata yang mengarah pada pemikiran negatif. Daripada mengatakan “Saya tidak bisa” lebih baik ubah pemikiran itu menjadi “Saya akan berhasil” sehingga hal tersebut akan mengarahkanmu pada sesuatu yang lebih baik dalam mencapai tujuan.

Fokus pada masa depan
Agar lebih optimis dalam menjalani hidup, sebaiknya fokuslah pada masa depan dan jangan terperangkap pada bayang-bayang masa lalu. Sebab, bagaimanapun juga tak ada yang bisa diubah dari masa lalu, selain mengambilnya sebagai pengalaman yang berharga yang harus diperbaiki di masa depan.

Bergaul dengan orang yang berpikiran positif
Agar dapat memandang hidup dengan cara optimis, hindari kebiasaan buruk untuk bergaul dengan orang yang selalu memberikan aura negatif. Mulai sekarang, carilah teman yang mampu berpikir positif dalam menghadapi sesuatu sehingga kamu terbawa menjadi orang yang positif pula.

Kegagalan adalah sukses yang tertunda. Dan menjadi orang yang optimis merupakan salah satu cara untuk segera meraih kesuksesan itu. Siap untuk berubah jadi lebih baik?

Leave a Comment