Logo

Tak Usah ke Salon, Ini 4 Cara Mudah Bikin Spa Sendiri di Rumah

Blog Single

Padatnya aktivitas sehari-hari, kadangkala membuat badan terasa lelah dan kurang bersemangat. Karena itu, nggak ada salahnya jika kemudian kamu memanjakan diri dengan melakukan perawatan spa sebagai salah satu cara penyegaran tubuh.

Secara umum, ada berbagai perawatan spa yang bisa kamu pilih untuk mengembalikan kebugaran tubuh, misalnya seperti facial, lulur, mandi susu, manicure, pedicure, dan lain sebagainya. Sayangnya, jika terlalu sering melakukannya di salon, tentu saja dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu, bagaimana solusinya?

Sebenarnya mudah saja kok. Kamu bisa melakukan spa sendiri di rumah, dengan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih murah dan mudah didapatkan. Meski sederhana, tetapi kamu bisa mendapatkan sensasi rasa yang sama layaknya perawatan di salon kecantikan. Simak cara-cara berikut ini, yuk.

Pepaya sebagai bahan exfoliation
Dengan kandungan enzim papain yang ada di dalamnya, pepaya memiliki komponen yang baik bagi perawatan tubuh, terutama untuk mencerahkan kulit. Caranya, haluskan beberapa potong pepaya hingga membentuk adonan pasta, lalu aplikasikan pada seluruh permukaan wajah, kecuali area mata. Diamkan selama 10 menit, sambil berbaring, lalu setelah itu bilas muka hingga bersih.

Alpukat sebagai resep kondisioner rambut
Seperti yang kita tahu, alpukat mengandung lemak baik yang selain bagus untuk tubuh ternyata juga dapat memberikan nutrisi pada rambut terutama saat dipadukan dengan madu. Caranya, campurkan 1 buah alpukat dan 1 sendok makan madu, lalu blender hingga halus. Selanjutnya aplikasikan pada rambut yang telah dicuci bersih sebelumnya, lalu bungkus kepala dengan handuk hangat. Tunggu selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Scrub gula untuk melembutkan tangan
Selain dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit tangan, scrub gula yang dipadukan dengan minyak zaitun dapat bermanfaat untuk mengatasi kulit gatal dan melembapkan kulit yang kering. Caranya, campurkan ½ cangkir minyak zaitun dan ½ cangkir gula pasir hingga berbentuk pasta, lalu gunakan untuk memijat bagian tangan dan lengan, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

Kopi untuk scrub tubuh
Kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas penyebab munculnya penuaan dini. Campurkan 2 cangkir bubuk kopi halus, ½ cangkir gula dan 3 sendok makan jojoba lalu oleskan pada tubuh sambil dipijat dengan gerakan memutar. Selanjutnya bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk halus, kemudian lanjutkan dengan mengoleskan body lotion untuk melembabkan kulit.

Keempat cara di atas, selain dapat mengembalikan kesegaran tubuh juga dapat digunakan untuk sebagai cara penyegaran pikiran sebelum memulai aktivitas kembali. Bagaimana? Mudah bukan?

Leave a Comment