Logo

Tak Hanya Sehatkan Badan, Olahraga Kardio Ternyata Juga Bisa Tingkatkan Mood

Blog Single

Olahraga kardio atau seringkali disebut dengan olahraga aerobik merupakan salah satu cara penyegaran tubuh, yang selain bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru juga memiliki segudang manfaat lainnya, seperti memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, menstabilkan denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

 

Nggak hanya itu saja, dengan rutin melakukan olahraga kardio seperti lari, bersepeda, jogging, jalan kaki, berenang, naik tangga, dan naik gunung, tubuh akan membakar kalori dengan cepat sekaligus melepaskan hormon endorfin yang mampu membuat bahagia sehingga dapat meningkatkan suasana hati atau mood secara alami.

Namun, bagaimana jika tak punya waktu untuk melakukan olahraga kardio yang umumnya dilakukan di luar ruangan tersebut? Tak perlu khawatir, sebab 3  jenis olahraga kardio berikut ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan cara cepat dan mudah.

High knees
Berdirilah dengan posisi tubuh tegak dan kaki dilebarkan hingga sejajar dengan bahu. Kemudian angkat kaki kanan hingga lurus pinggul dengan cepat dan ayunkan tangan kiri ke depan, selanjutnya letakkan kaki kanan ke lantai dan angkat kaki kiri serta tangan kanan. Lakukan gerakan ini secara bergantian hingga 60 kali.

Walkouts
Berdirilah dengan tegak dengan posisi kedua kaki disatukan, kemudian bungkukkan tubuh hingga telapak tangan menyentuh lantai sementara kaki tetap lurus mengikuti posisi tubuh. Saat ujung jari tangan menyentuh lantai, jalankan tangan hingga mencapai posisi push-up selanjutnya lakukan push up sebanyak satu kali dan kembalikan posisi tubuh ke awal dengan menjalankan tangan ke belakang dan angkat tubuh hingga berada dalam posisi berdiri.

Mountain climbers
Rebahkan tubuh dalam posisi push-up, angkat tubuh hingga tangan lurus, kemudian angkat lutut kanan ke depan mendekati dada, setinggi yang kamu mampu. Selanjutnya, kembalikan kaki kanan ke posisi semula, secara bergantian angkat kaki kiri dan ulangi gerakan mengangkat kaki kanan dan kiri secara bergantian dengan ritme yang sama sebanyak 40 kali.

Itulah ketiga jenis olahraga kardio yang dapat kamu lakukan secara rutin setidaknya selama 30 menit setiap hari. Sebelum melakukannya, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk membantu mempersiapkan tubuh agar aliran darah ke otot dapat meningkat. Dan bagi kamu yang sedang dalam pengobatan atau sedang mengandung, ada baiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dapat diberikan tips olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing.

Leave a Comment