Logo

Susah Fokus Bikin Kerjaan Amburadul, Atasi Dengan Cara Ini

Blog Single

Saat dihadapkan dengan banyak tugas, entah itu proyek kantor ataupun tugas di kampus, banyak orang justru sering gagal fokus dan susah berkonsentrasi sehingga kerjaan yang harusnya selesai tepat waktu malah berakhir dengan amburadul. Ironisnya, hal ini terjadi karena hal-hal sepele seperti membuka media sosial saat bosan atau sejenak melirik group chat yang mengakibatkan pekerjaan jadi semakin tertunda.

Merasa memiliki pengalaman yang sama? Jika ya, beberapa tips berikut ini bisa kamu contek agar lebih mudah fokus dalam pekerjaan, sehingga semuanya dapat terselesaikan dengan baik.

Cari tahu apa penyebab gagal fokus
Ada banyak hal yang bisa saja menjadi penyebab gagal fokus dan hilangnya konsentrasi kerja, misalnya saja gangguan suara berisik di sekitar kita, terlalu sering mengecek media sosial, meja kerja yang berantakan, atau bisa jadi karena kurangnya istirahat sehingga membuat konsentrasi buyar. Nah, setelah tahu apa penyebab gagal fokus, tentu akan mudah mencari solusi untuk mengatasinya.

Fokus pada satu kerjaan
Bisa jadi hilangnya konsentrasi disebabkan karena terlalu banyak pekerjaan yang dipikirkan dan ingin diselesaikan dalam waktu bersamaan. Meski terlihat efektif, tetapi hal ini justru membuat kerja otak semakin berat karena dipaksa fokus pada hal yang berbeda, sehingga rentan gagal fokus dan bisa jadi melakukan kesalahan di antara dua pekerjaan tersebut. Karenanya, cobalah untuk menentukan prioritas sehingga dapat menyelesaikan satu persatu pekerjaan dengan baik.

Cobalah untuk menyendiri
Demi menghindari dan mengabaikan gangguan yang berasal dari lingkungan sekitar, cobalah untuk menyendiri saat mengerjakan tugasmu. Pilihlah lokasi yang tenang dan nyaman seperti kamar, perpustakaan atau di tempat yang dapat membuatmu lebih mudah berkonsentrasi dalam pekerjaan.

Istirahat cukup
Penting untuk diingat, tidak semua gangguan fokus berasal dari lingkungan sekitar. Bisa jadi sulitnya konsentrasi berasal dari dalam diri misalnya rasa lelah, cemas, tekanan, dan berbagai hal lainnya. Kalau hal ini terjadi, segera ambil waktu sejenak untuk beristirahat agar dapat meningkatkan fokus kerja selanjutnya. Selain itu, tenangkan diri dan pikiran dengan rutin latihan meditasi untuk mempertajam konsentrasi otak terutama bagi yang sering gagal fokus.

Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi
Nutrisi yang diserap oleh tubuh ternyata memiliki banyak pengaruh terhadap konsentrasi kerja. Tidak sekedar meningkatkan daya kerja otak, tetapi makanan seperti blueberry, alpukat, pisang, sayuran berwarna hijau dan yogurt juga dapat memperbaiki mood jika dikonsumsi sebagai menu sarapan sehat sebelum memulai aktivitas. Selain itu, usahakan mengonsumsi cukup air minum agar tubuh terasa lebih segar, sehingga konsentrasi dapat tetap terjaga.

Terakhir, salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk mengatasi gagal fokus adalah melatih pikiran agar tidak terlalu mencemaskan hal yang sudah atau belum terjadi agar kamu dapat tetap bekerja lebih optimal di tengah padatnya aktivitas.  

 

Leave a Comment