Logo

Si Kecil Susah Tidur Tak Perlu Panik, Ini Cara Mengatasinya

Blog Single

Tak hanya dialami oleh orang dewasa, insomnia atau gangguan susah tidur ternyata juga bisa menyerang anak-anak. Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat penderitanya susah tidur di malam hari sehingga kekurangan waktu tidur yang cukup..

Secara umum, waktu tidur yang dibutuhkan anak lebih panjang jika dibandingkan dengan orang dewasa, yaitu 11-13 jam untuk anak usia 2-6 tahun, dan 10-11 jam untuk anak usia 6-10 tahun. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak susah tidur, misalnya seperti pola tidur yang diciptakan orang tua, stres, mengonsumsi kafein secara berlebihan, dan juga karena pengaruh obat yang dikonsumsi anak.

Jika dibiarkan berlarut-larut dan tidak segera diatasi, Insomnia akan dapat membuat anak mudah lelah, tubuh terus merasa lemah, tidak dapat fokus, sehingga akan mengganggu aktivitas serta tumbuh kembang anak. Namun, tak perlu khawatir beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia pada anak.

Matikan semua perangkat elektronik
Hindari kebiasaan buruk memberikan smartphone atau membiarkan anak menonton televisi menjelang waktu tidur. Sebab, berbagai perangkat elektronik seperti TV dan smartphone dapat mengganggu siklus tidur alami anak. Jadi, sebaiknya pastikan untuk mematikan semua perangkat tersebut setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.

Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman
Kamar tidur yang rapi dan nyaman yang akan membuat anak tenang untuk tidur. Letakkan barang-barang kesukaannya dan pastikan cahaya kamar anak tidak terlalu terang saat waktunya tidur.

Mandi air hangat
Jika anak mengalami susah tidur, segera ajak anak mandi dengan air hangat. Sebab, dengan mandi air hangat dapat menyebabkan terjadinya perubahan suhu tubuh yang mengisyaratkan sinyal ke tubuh anak bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Lakukan rutinitas sebelum tidur
Biasakan untuk melakukan ritual rutin sebelum anak tidur, seperti mengganti baju dengan piyama, mencuci kaki, menyikat gigi, dan berdoa setidaknya 30-60 menit sebelum jadwal tidur.

Peregangan yoga
Agar dapat tidur dengan lelap, ajak anak untuk tidur telentang menghadap tembok, kemudian angkat kedua kaki dan letakkan di tembok. Selanjutnya, ambil nafas dan buang nafas secara perlahan sambil memejamkan mata. Gerakan ini akan mengisyaratkan sistem saraf pusat untuk tenang.

Lewati waktu tidur siang
Sebenarnya anak-anak yang sudah melewati masa balita tidak terlalu perlu melakukan aktivitas tidur siang karena akan mengganggu waktu tidur normalnya di malam hari.

Itulah cara-cara yang dapat dilakukan agar anak terbebas dari insomnia dan terbangun dengan tubuh dan pikiran segar di pagi hari, siap untuk belajar dan melakukan aktivitasnya dengan baik.

Leave a Comment