Logo

Si Kecil Suka Bermain di Luar Rumah Jangan Dilarang, Ini Manfaatnya

Blog Single

Dengan berbagai alasan terutama karena takut sang buah hati terpapar bakteri dan kuman, banyak orang tua jaman now yang melarang anaknya untuk bermain di luar rumah dan cenderung lebih memilih memberikan gadget modern sebagai permainannya. Padahal, dengan membiarkan anak bermain di luar rumah tidak hanya dapat mendukung perkembangan anak, tetapi juga meningkatkan kekebalan dan pertahanan tubuh yang lebih baik melalui pengenalan berbagai zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, sebagai salah satu cara penyegaran tubuh bagi anak, bermain di luar juga memiliki manfaat lain seperti :

Membantu pertumbuhan tulang
Dengan bermain di luar selama 10 hingga 15 menit, anak akan terkena sinar matahari secara langsung yang artinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, yang baik bagi pertumbuhan tulang anak.

Memiliki penglihatan yang lebih baik
Menurut sebuah penelitian, anak-anak yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah memiliki penglihatan yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang hanya menghabiskan waktu dengan bermain di dalam ruangan.

Memperbaiki mood dan mengatasi stres
Dengan rutin bermain di luar, mood anak jadi lebih baik karena paparan sinar matahari yang mengenai tubuh dapat mengaktifkan kelenjar pineal yang mendorong otak untuk menghasilkan serotonin. Zat ini memang berperan penting dalam membuat suasana hati menjadi bahagia sehingga dapat memperbaiki mood dan menurunkan hormon kortisol untuk mengatasi stres pada anak.

Merangsang kreativitas anak
Anak-anak yang terbiasa bermain di luar rumah akan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarnya untuk bermain sesuai dengan kemampuan kognitif dan emosionalnya. Dengan demikian, anak-anak akan semakin kreatif, kaya akan pemikiran bebas, penuh inisiatif, dan terampil dalam mengatasi masalah.

Meningkatkan kemampuan sosial
Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, mengajak anak untuk bermain di luar rumah dapat memberikan kesempatan pada mereka untuk bertemu dan berinteraksi dengan teman sebayanya sehingga dapat meningkatkan kemampuan sosialnya dengan baik.

Dengan melihat berbagai manfaat dari bermain di luar rumah, mulai sekarang beri kesempatan pada anak untuk mengembangkan diri dan menikmati masa kecilnya dengan lebih bebas, yang tentunya harus tetap dalam pengawasan ya, Mom.

Leave a Comment