Logo

Sayangi Lingkungan, Ini Langkah Kecil Buat Awali Gaya Hidup Zero Waste

Blog Single

Meski berjalan perlahan, semakin hari semakin banyak masyarakat Indonesia yang sadar bahwa kelestarian Bumi itu wajib dijaga. Makin tingginya gundukan plastik dan sampah di Tempat Pembuangan Akhir menjadi pertanda bahwa sudah saatnya mengerem diri untuk menghasilkan limbah yang mengotori lingkungan.

Kalau kamu memiliki pemikiran serupa, cobalah untuk mengubah gaya hidupmu menjadi zero waste. Sebuah filosofi yang mendorong orang agar tak lagi menambah sampah. Bukan hanya dengan recycle, zero waste juga mengajakmu untuk memilih barang-barang yang bisa digunakan lagi, nggak sekali buang, sehingga meminimalisir sampah.

Apa saja yang harus dilakukan untuk mengawali gaya hidup zero waste?

Pilih Barang yang Bisa Dipakai Berulang-Ulang

Saatnya untuk memikirkan kehidupan anak-cucu di kemudian hari nanti. Meski mungkin tak berpengaruh banyak, tapi setidaknya dirimu sudah menebar inspirasi untuk menjaga Bumi, yang juga rumah bagi masa depan kehidupan manusia.

Misalnya untuk makanan, jangan lagi mengandalkan membeli nasi dalam kemasan. Sebaliknya miliki wadah tersendiri untuk lauk dan nasi, terlepas dari mana kamu mendapatkan makanan tersebut, entah masak sendiri atau dari warung. Begitu juga dengan minuman. Saatnya untuk membawa air putih sendiri dalam botol kesayanganmu. Kurangi kebiasaan beli air mineral yang bisa menimbulkan problem limbah plastik. Selain itu, saat beli kebutuhan sehari-hari sebaiknya membawa tas sendiri untuk membungkus dan membawa pulang belanjaan. Intinya, jauhi tas plastik!

Mungkin orang akan melihatmu dengan tatapan aneh. Tapi percayalah bahwa tindakanmu benar dan siapa tahu akan ada dua-tiga orang lainnya yang mengikuti langkahmu.

Habiskan Makananmu

Melihat tumpukan sampah makanan di dapur saat mencuci piring saja terasa eneg. Bagaimana kalau sisa makanan satu kota bersatu saat perlahan-lahan membusuk? Padahal sampah tersebut bisa menjadi sarang bagi berbagai penyakit. Jadi nggak ada salahnya untuk menjadi pribadi yang disiplin untuk urusan makanan. Takar menu kamu dengan baik supaya habis nggak bersisa.

Miliki Zero Waste Kit

Plastik tak hanya berbahaya bagi Bumi karena sulit diurai, tapi juga untuk kesehatan manusia. Tahu nggak, kalau plastik dibuat dari beragam bahan kimia? Panas akan membuat bahan-bahan kimia tersebut larut dan menempel di makanan atau minumanmu.

Daripada koleksi yang nggak-nggak, kenapa tidak memulai untuk memiliki beragam zero waste kit? Beberapa barang yang direkomendasikan untuk dimiliki adalah wadah makanan dan minuman yang terbuat dari stainless steel, sedotan bambu, sikat gigi kayu, menspad sebagai pembalut perempuan, dan banyak lagi lainnya.

Beralih ke Bahan-Bahan Organik

Saat ini makin banyak ditemui perlengkapan rumah tangga yang bersifat organik, nggak berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitarnya. Mulai dari sabun cuci, deterjen, hingga perlengkapan mandi. Secara harga memang mahal karena produksinya belum massal. Tapi percayalah bahwa ketika ada lebih banyak permintaan, makin banyak pula barang yang tersedia sehingga soal harga, di kemudian hari bisa lebih terjangkau.

Kalau Nggak Jauh, Bersepeda atau Jalan Kaki

Manusia zaman sekarang memang keterlaluan. Cuma pergi ke toko atau minimarket yang ada di ujung jalan saja musti starter motor. Nge-mall juga merasa wajib bawa mobil padahal angkutan transportasi sudah sangat tersedia.

Harus diketahui pula bahwa sebelum kendaraanmu dan kendaraan orang lain ramah lingkungan, Bumi tetap akan dipenuhi dengan karbondioksida yang membahayakan lingkungan. Mulai didik dirimu sendiri untuk menghargai Bumi dengan menggunakan angkutan yang ramah emisi, seperti sepeda, skate board, motor listrik, atau bahkan menggunakan kedua kaki untuk mencapai tujuanmu. Lebih sehat!

Kalau bukan kamu yang memulai, siapa lagi? Program zero waste ini butuh dijalankan sehingga bukan sekadar teori yang akhirnya menguap begitu saja karena kemalasan orang dalam meninggalkan zona nyaman yang selama ini mereka rasakan. Semoga dengan kemauanmu menjalankan program ini, orang lain ikut terinspirasi dari makin bersemangat dalam menjaga lingkungan. Sekali lagi, demi masa depan yang lebih baik untuk anak cucu.

Leave a Comment