Logo

5 Wejangan Hidup dari Bapak yang Buat Hidup Tak Lagi Terasa Berat

Blog Single

Bagi keluarga, bapak adalah sosok pemimpin yang harus diikuti ke mana pun dia pergi. Seperti kapal yang berlayar di lautan, bapak juga merupakan nahkoda  yang membawa bahtera menuju tujuan meski harus menerjang badai.

Tak heran kalau banyak anak-anak yang menjadikan bapak sebagai panutannya. Sebagai orang yang sudah kenyang dengan asam-garam kehidupan, berbagai petuah dari bapak bakal sangat berguna bagi mereka untuk menghadapi kehidupan.

Untuk kamu yang saat ini sedang membutuhkan sosok bapak karena sedang menghadapi terjangan badai kehidupan, yuk, coba ingat kembali wejangan hidup dari bapak. Biar hidupmu tak lagi terasa berat.

Pegang Teguh Apa yang Kamu Percayai

Seperti bapak yang dulunya menantang badai demi mencapai tujuan, begitu pula dirimu sekarang. Mungkin cuaca buruk masih menerjang, tapi percayalah bahwa di ujung sana sudah menunggu lautan tenang dengan cercahan sinar matahari yang menembus awan.

Ketika badai itu menggoyang prinsip hidupmu, tetaplah pegang teguh apa yang kamu percayai. Terutama bila ada perbedaan yang membuat prinsipmu goyah. Jangan pernah takut untuk tetap berdiri, luruskan kemudi, dan berjuanglah menembus badai tersebut.

Hormatilah, maka Kamu akan Dihormati

Belajarlah menghormati sejak dini, dimulai dari orang tuamu sendiri. Dengan begitu, tidak susah bagimu untuk menghormati orang lain. Kalau kamu terlihat sebagai sosok yang sopan dan penuh respek, orang lain pun tak akan segan untuk berada di sampingmu.

Percayalah, Kesusahan Bukan Milikmu Sendiri

Bila saat ini kamu merasa sebagai orang yang paling sial di dunia, bangkit dan tengoklah sekitarmu. Masih banyak orang-orang yang lebih susah darimu. Bahkan untuk makan sehari sekali pun mungkin ada yang tak mampu.

Kegagalan itu wajar dan bakal menghampiri siapa pun, tanpa memandang derajat. Jadi, jangan pernah lupa untuk tetap bersemangat, yakin bahwa hari ini dan esok bakal lebih baik dari kemarin. Tak percaya? Coba lihat, apa yang telah dilakukan bapakmu untuk menjaga keluarganya tetap bahagia.

Jangan Foya-Foya

Gaya hidup milenial zaman sekarang selalu identik dengan benda-benda mahal. Beda dengan generasi pendahulu yang lebih percaya bahwa kesabaran dan ketekunan dalam menabung akan membuat masa depan jadi lebih cerah. Selain itu, hidup berkecukupan itu juga merupakan cara untuk menghargai apa yang kamu punya.

Tak harus mengikuti gaya hidup lama, tapi kamu harus tahu bahwa saat ini juga banyak milenial yang sadar akan pentingnya finansial untuk hari tua. Ketahui cara menabung ala milenial, yaitu dengan berinvestasi.

Jangan Kenali Orang dari Penampilannya Saja

Bukan tanpa alasan hal tersebut perlu dilakukan, karena saat ini ada banyak penipu yang mengandalkan penampilan mentereng. Mereka yang berjas rapi, bersepatu mahal, belum tentu lebih baik dari seorang berkaos oblong dan bercelana pendek. Jadi, kenalilah orang dari pribadinya, bukan materi yang dia miliki.

Kita tetap harus bijaksana dengan siapa yang kita percayai dan kita jadikan teman. Pergaulan yang baik akan membentuk karakter yang baik pula. Inilah alasan kenapa para bapak suka penasaran dengan siapa kita berteman.

Karena itu, jangan marah ketika bapak menjadi penuh selidik ketika kamu memperkenalkan pasanganmu ke keluarga. Itu semua karena bapak tak mau anak-anaknya hidup dengan kebahagiaan semu. Lebih baik sederhana, tapi bahagia.

Bagaimana? Jadi kangen berat sama bapak? Meski jauh di kampung halaman, bapak tak akan pernah lelah untuk menjagamu. Walaupun kamu sudah berkeluarga, bapak akan selalu melindungimu. Ia pun akan tetap berusaha memberikan yang terbaik hingga akhir usia.